Hai Sobat Pesantren, kamu tau ngga sih media sosial adalah platform terbaik untuk menyebarkan galang dana mu ke publik? kamu dapat membagikan penggalangan dana yang kamu buat di berbagai platform media sosial. Saat ini, media sosial telah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Mengutip kompas.com, Direktur Pemberdayaan Informatika, Bonifasius Wahyu Pudjianto menyebutkan bahwa rata-rata setiap pengguna mengakses internet selama 8 jam 36 menit dalam sehari.
Oleh karena itu, tidak heran jika media sosial memainkan peran penting dalam kesuksesan penggalangan dana. Tapi tidak semua penggalangan dana dapat menarik perhatian para donator terlebih secara luas. Yuk baca tips menarik perhatian donator untuk menggalang dana di sosmedmu.
1. Buat Vidio atau Postingan Singkat Tentang Galang Danamu
Saat ini vidio singkat dan postingan lebih diminati kalangan pengguna media sosial. Penjelasan dalam video dan postingan yang singkat, padat dan jelas akan memudahkan pembaca untuk langsung menemukan inti dari video atau postingan tersebut, para pengguna sosmed juga tidak akan merasa bosan dengan video yang panjang dan monoton.
Postingan apa saja yang dapat menarik perhatian donatur?
Buat postingan yang berisi informasi tentang galang dana kamu. Tulis di postingan:
Untuk memudahkan membuat postingan yang menarik, saat ini sudah banyak situs posting atau situs seperti canva.com.
2. Gunakan caption yang menyentuh hati calon donator
Caption yang menyentuh hati akan cukup berpengaruh dalam menyukseskan postingan galang dana di sosmed mu. Dalam caption, kamu bisa memberikan informasi tambahan tentang galang dana kamu seperti:
3. Gunakan Media Sosial untuk Publikasi
Penggalangan dana yang kamu buat bisa kamu bagikan di berbagai media sosial seperti WhatsApp, Instagram, TikTok, Twitter. Jangan hanya mengandalkan satu platform media sosial untuk menjangkau donator yang lebih luas. Semakin banyak Kamu membagikan penggalangan dana kamu, semakin banyak orang akan mengetahuinya. Namun, penting untuk dicatat bahwa masing-masing media sosial tersebut memiliki fitur dan pengguna yang berbeda. Jadi sesuaikan dulu konten dengan konten yang akan dipublikasikan. Saat Kamu mengedit konten, misalnya dengan WhatsApp, Kamu perlu menulis cerita yang kuat agar orang lain mau berdonasi, karena Kamu hanya bisa berbagi teks, gambar, dan video. Lain halnya ketika Kamu membagikan postingan di Instagram, Kamu bisa memanfaatkan fungsi upload foto atau video, IGTV, Reels, Shares, dll.
4. Lakukan postingan berkala dengan memberikan status bantuan atau donasi.
Lakukan update data mengenai posisi donasi atau dana yang sudah berhasil dikumpulkan, berikut dengan penyaluran (jika sudah dilakukan). Dengan begitu, para calon donatur bisa mengetahui berapa kekurangan jumlah dana yang diperlukan. Hal tersebut juga memberi kepercayaan lebih, karena sudah ada dana yang sampai ke tujuan.
----------------------------------------------------------
Pastikan saat kamu mengajak orang lain untuk berdonasi, kamu tidak hanya memposting informasi yang terlalu umum dan membosankan. Sebaliknya, saat mengajak berdonasi kamu akan menceritakan tentang orang yang kamu bantu, kondisi mereka saat ini dan juga betapa terbantunya kamu dari donasi yang diberikan.
Yuk mulai galang dana di Wizstren.id dan sebarkan link halaman galang danamu di akun sosial media.